PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI AYYUBIYAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII C DI MTS AL-MANAR KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Fadilah, Ayu Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI AYYUBIYAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII C DI MTS AL-MANAR KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AYU NUR FADILAH 23010190034 (AutoRecovered).pdf

Download (3MB)

Abstract

Fadilah, Ayu Nur. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Ayyubiyah Dengan Pendekatan Saintifik dan Strategi Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII C Di Mts Al-Manar Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Pendekatan Saintifik; dan Strategi Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran aspek kognitif Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Ayyubiyah apabila Pendekatan Saintifik dikombinasikan dengan Strategi Group Investigation pada siswa kelas VIII C di MTS Al-Manar Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas (PTK) jenis ini terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II, yang masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk memecahkan masalah, pendekatan saintifik dan strategi penyelidikan grup digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Persentase ketuntasan belajar, dengan nilai KKM lebih dari 70, mencapai batas keberhasilan klasik 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Dinasti Ayyubiyah kelas VIII C di MTS Al-Manar Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan strategi Group Investigation. Hasil belajar meningkat sebesar 18% dari pra siklus ke siklus I dan sebesar 34% dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus, 8 siswa (35%) tuntas dengan nilai rata-rata 63, dan pada siklus I, 12 siswa (53%) tuntas dengan nilai rata-rata 68 karena mereka tidak memahami metode dan media pembelajaran yang baru diterapkan. Pada siklus II, 20 siswa (87%) tuntas dengan nilai rata-rata 83.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:44
Last Modified: 12 Jul 2023 02:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item