PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VIII C DI MTs AL-MANAR BENER TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Ni'mah, Maftukhatun (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VIII C DI MTs AL-MANAR BENER TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Maftukhatun Ni'mah 23010190027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ni’mah, Maftukhatun. 2022. Peningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dengan Metode Teams Games Tournament dan Model Scramble pada Siswa Kelas VIII C di Mts Al-Manar Bener Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Akidah Akhlak; Metode Teams Games Tournament; dan Model Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII C MTs Al Manar Bener Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan menggunakan model scramble dan metode teams games tournament. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan rumus persentase ketuntasan belajar. Batas keberhasilan klasik sebesar 85% dianggap berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji di kelas VIII C MTs Al Manar dapat ditingkatkan dengan menggunakan model scramble dan metode teams games tournament. Hasil belajar dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 17,39%, selanjutnya siklus I ke siklus II, hasil belajar meningkat sebesar 43,57%. Pada pra siklus, siswa tuntas 7 (30,43%) dengan nilai rata-rata 63,82. Siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas (47,82%), dengan rata-rata 68,78. Pada siklus kedua, siswa memperoleh nilai tuntas 21 (91,30%) dan nilai rata-rata 84,95. Sebagaimana ditunjukkan oleh data, hasil belajar tersebut telah melampaui batas keberhasilan klasik sebesar 85%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:55
Last Modified: 12 Jul 2023 02:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17586

Actions (login required)

View Item View Item