PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN BIRRUL WALIDAIN PADA SISWA DI MTS NU KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Aini, Siti Nur (2023) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN BIRRUL WALIDAIN PADA SISWA DI MTS NU KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI 2023_SITI NUR AINI_ 23010190024 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Aini, Siti Nur. 2023. Pembinaan Kedisiplinan Beribadah dan Birrul Walidain pada Siswa di MTs NU Kota Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023.Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Kedisiplinan Beribadah, Birrul Walidaian Tujuan dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi beberapa aspek berikut: 1) Bentuk kedisiplinan dalam beribadah, 2) Faktor pendukung kedisiplinan beribadah, 3) Faktor penghambat kedisiplinan beribadah, 4) Bentuk pembinaan birrul walidain, 5) Faktor pendukung birrul walidain, dan 6) Faktor penghambat birrul walidain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sesuai dengan metodologi yang telah ditentukan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa di MTs NU Kota Salatiga. Analisis data dilakukan melalui proses pengurangan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk mendapatkan data yang valid dan akurat. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kedisiplinan beribadah melibatkan empat tahap, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. 2) Faktor pendukung kedisiplinan beribadah meliputi peran orang tua, lingkungan sekolah, peran kepala sekolah, dan peran guru agama. 3) Faktor penghambat kedisiplinan beribadah meliputi penyalahgunaan teknologi, latar belakang siswa yang berasal dari orang tua yang bercerai atau menghadapi kondisi ekonomi rendah, serta kurangnya perhatian dari orang tua. 4) Bentuk pembinaan birrul walidain meliputi teladan, nasihat, dan penerapan sanksi sebagai bentuk pendekatan. 5) Faktor pendukung birrul walidain meliputi peran orang tua, lingkungan sekolah yang mendukung, dan peran guru agama. 6) Faktor penghambat birrul walidain meliputi perbedaan latar belakang siswa, termasuk siswa yang berasal dari keluarga yang bercerai, serta kurangnya perhatian dari orang tua karena kesibukan dalam pekerjaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:45
Last Modified: 12 Jul 2023 03:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17589

Actions (login required)

View Item View Item