PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS INKUIRI KONSEP ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Athiurobbi, Khasna (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS INKUIRI KONSEP ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASKAH TESIS_KHASNA_CETAK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Athiurobbi, Khasna. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Jelajah Alam Sekitar Berbasis Inkuiri Konsep Zat Tunggal dan Campuran terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2023. Kata Kunci: LKPD, inkuiri, jelajah alam sekitar, hasil belajar, keterampilan proses sains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dari penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis model jelajah alam sekitar berbasis inkuiri terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas V madrasah ibtidaiyah. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan langkah penelitian menurut Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk I, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk II, 10) produk akhir. Teknik pengumpulan data berupa pengisian angket, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket, lembar observasi, dan soal tes. Pengembangan LKPD dilakukan penilaian kelayakan oleh ahli dan kepraktisan oleh guru dan peserta didik, serta diuji cobakan terhadap 27 peserta didik kelas V menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T test dilanjut n-gain score. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) LKPD berbasis model JASI dikembangkan dengan model penelitian Borg and Gall; 2) LKPD berbasis model JASI mendapatkan nilai kelayakan sebesar 93,8% dengan kategori sangat layak; 3) LKPD berbasis model JASI memperoleh nilai kepraktisan oleh guru sebesar 90,31% berkategori sangat praktis dan oleh peserta didik sebesar 96,02% berkategori sangat praktis; 4) Hasil penggunaan LKPD berbasis model JASI terhadap hasil belajar menggunakan uji paired sample T test memperoleh t hitung > t tabel, yaitu 6,828 > 2,056 dengan nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima dengan N-Gain score sebesar 0,46 berkategori sedang. Hasil uji wilcoxon signed rank test didapat hasil Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan N-Gain score sebesar 0,88 berkategori tinggi. Kesimpulannya LKPD berbasis model JASI sangat layak, sangat praktis dan efektif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa LKPD model JASI dapat dijadikan alternatif untuk mengoptimalkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas V.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:28
Last Modified: 12 Jul 2023 07:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17592

Actions (login required)

View Item View Item