Fuadina, Maulida Tazkiya (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTU MEDIA KERETA HURUF JALADARA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
MAULIDA TAZKIYA 23040190151.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca melalui model pembelajaran Scramble berbantu media kereta huruf jaladara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Maarif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa dengan keterangan 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan 1 prasiklus dan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting).Model pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis,observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa pengunaan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca melalui model pembelajaran scramble pada kelas I Madrasah Ibtidaiyah Maarif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata siswa sebelum penelitian (prasiklus) adalah 64,5 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 69,5 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas semakin meningkat menjadi 80. Dengan presentase kelas siklus I 50% dan siklus II 90%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 14:11 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 14:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17596 |
Actions (login required)
View Item |