PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IVA MADRASAH IBTIDAIYAH ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Utami, Anisa Rizqi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IVA MADRASAH IBTIDAIYAH ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANISA RIZQI UTAMI_23040190037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Utami, Anisa Rizqi. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Metode Index Card Match Siswa Kelas IVA Madrasah Ibtidaiyah Asas Islam Kalibening Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, PAIKEM, Index Card Match Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dengan metode Index Card Match pada siswa kelas IVA di Madrasah Ibtidaiyah Asas Islam Kalibening Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 28 siswa kelas IVA MI Asas Islam Kalibening Salatiga. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam tinjauan ini adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), soal tes siswa, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Strategi pengumpulan informasi dalam penelitian ini adalah melalui tes, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Data dari siklus I dan II dianalisis secara statistik menggunakan perkiraan tingkat penyelesaian yaituٗ≥ٗ85%. Hasil belajar IPS kelas IVA MI Asas Islam Kalibening tahun ajaran 2022/2023 meningkat dengan menggunakan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dan metode Index Card Match. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68%, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 89%. sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21% dari siklus 1 ke siklus 2.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 16:07
Last Modified: 12 Jul 2023 16:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item