Komariah, Siti (2015) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STRUKTURAL PADA SISWA KELAS III SDN RANDUACIR 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Siti Komariah_11510061.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah kegiatan interaktif antara guru dengan siswa dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran merupakan aktifitas paling utama dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran cooperative learning tipe struktural dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Lingkungan Alam dan Buatan pada siswa kelas III di SDN Randuacir 01 Salatiga. Sejalan dengan rumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe struktural di SDN Randuacir 01 Salatiga. Metode pada penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model cooperative learning tipe struktural dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SDNRanduacir 01 Salatiga. Hal ini terbukti dari setiap siklus memperlihatkan peningkatan partisipasi, kerjasama, bertanya dan menjawab yang menggambarkan tingginya minat siswa, peningkatan penguasaan siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar adalah 41,67%. Pada siklus II tercatat ketuntasan belajar mencapai 66,67%, dan pada siklus III tingkat ketuntasan belajar mencapai 100% sehingga mencapai kriteria ketuntasan ideal kelas. Peningkatan prosentase dari siklus I ke siklus II yaitu 25% .Siklus II ke siklus III yaitu 33,33%, prosentase dari siklus I ke siklus III adalah 66,67% dan prosentase dari pra siklus ke suklus III yaitu 75%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I dari 12 siswa, yang masuk dalam kriteria tuntas adalah 5 siswa, pada siklus II dari 12 siswa yang termasuk dalam kriteria tuntas adalah 8 siswa, dan pada siklus III semua siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Feb 2016 02:37 |
Last Modified: | 15 Feb 2016 02:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/176 |
Actions (login required)
View Item |