PEMBELAJARAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KETUHANAN (BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA) DAN DIMENSI KEBHINNEKAAN GLOBAL PADA PESERTA DIDIK SMP-IT IZZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023

yahmini, (2023) PEMBELAJARAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KETUHANAN (BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA) DAN DIMENSI KEBHINNEKAAN GLOBAL PADA PESERTA DIDIK SMP-IT IZZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Yahmini-23010190317.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yahmini. 2023. Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Ketuhanan dan Dimensi Kebhinnekaan Global pada Peserta Didik SMP-IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muzdakir Muhlisin, M.Phil. Kata Kunci: Pembelajaran, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Ketuhanan, Dimensi Kebhinnekaan Global Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Ketuhanan pada Peserta Didik SMP-IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023. 2) Mendeskripsikan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kebhinnekaan Global pada Peserta Didik SMP-IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023. 3) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Ketuhanan dan Dimensi KebhinNekaan Global pada Peserta Didik SMP-IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif jenis field research dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Validasi data dengan triangulasi sumber data dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Ketuhanan dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler berupa kegiatan pembiasaan, kegiatan ekstrakurikuler, dan kokurikuler. 2) Dimensi Kebhinnekaan Global dilaksanakan melalui kegiatan penumbuhan sikap cinta tanah air dan menghargai budaya bangsa. 3) Faktor pendukung diantaranya yaitu variasi metode, fasilitas, serta dukungan dari pihak-pihak terkait. Dan faktor penghambat alokasi waktu berlebih, minim referensi dan komunikasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 16:21
Last Modified: 12 Jul 2023 12:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item View Item