NURJANAH, ANGGITA FITRIANA (2023) PENGARUH KETEKUNAN BERIBADAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Skripsi_Anggita Fitriana Nurjanah_PAI_23010190105.pdf Download (4MB) |
Abstract
Nurjanah, Anggita Fitriana. 2023. Pengaruh Ketekunan Beribadah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Di MAN Wonogiri Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Jurusan Guru Mata Pelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dr. Rasimin, M. Pd. Kata Kunci: Ketekunan Beribadah, Lingkungan Sekolah, Kedisiplinan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketekunan beribadah dan lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X di MAN Wonogiri Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat kuantitatif. Penelitian dilakukan di MAN Wonogiri, populasi diperoleh dari seluruh siswa kelas X=185 siswa, dengan jumlah sampel=38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan jumlah pertanyaan sebanyak 63 soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebanyak 32 siswa (84,2%) memiliki ketekunan beribadah tinggi, 6 siswa (15,8%) memiliki ketekunan beribadah sedang, dan tidak terdapat siswa (0%) dengan ketekunan beribadah rendah, 2) Sebanyak 21 siswa (55,3%) menyatakan bahwa lingkungan sekolah baik, 17 siswa (44,7%) menyatakan bahwa lingkungan sekolah cukup, dan tidak terdapat siswa (0%) yang beranggapan bahwa lingkungan sekolah dalam kategori kurang, 3) Sebanyak 22 siswa (57,9%) memiliki kedisiplinan belajar tinggi, 16 siswa (42,1%) memiliki kedisiplinan belajar sedang, dan tidak terdapat siswa (0%) dengan kedisiplinan belajar rendah, 4) Ketekunan beribadah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X di MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023 dengan hasil uji t thitung>ttabel (2,556>2,028) atau nilai signifikan 0,015<0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,154 atau 15,4% dan 84,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, 5) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X di MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023 dengan hasil uji t thitung>ttabel (2,556>2,028) atau nilai signifikan 0,015<0,05 dan berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,154 atau 15,4% dan 84,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, dan 6) Ketekunan beribadah dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X di MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023, dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,608>3,267) atau sig 0,000<0,05 dan nilai koefisiensi determinasi (r2) sebesar 0,487 atau 48,7% yang berarti variabel ketekunan beribadah dan variabel lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar sebesar 48,7% dan sisanya 100%-48,7% = 51,3% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 16:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 16:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17601 |
Actions (login required)
View Item |