BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI DZIKIR GUNA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MTS YASPI PAKIS KABUPATEN MAGELANG

munawaroh, Alfiyatul (2023) BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI DZIKIR GUNA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MTS YASPI PAKIS KABUPATEN MAGELANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ALFI S1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Munawaroh, Alfiyatul 2023. Bimbingan Klasikal dengan Terapi Dzikir guna Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di MTs Yaspi Pakis Kabupaten Magelang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Jurusan Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal; Terapi Dzikir; Percaya Diri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa, serta efektivitas bimbingan klasikal dengan terapi dzikir guna meningkatkan rasa percaya diri siswa di MTs Yaspi Pakis Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis ekseprimen yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa MTs Yaspi Pakis Kabupaten Magelang yang berjumlah 450 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster sampling yang menghasilkan dua kelas dengan jumlah 60 siswa yakni kelas 7E berjumlah 30 siswa dan 7F berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test. Hasil penelitian adalah 1) tingkat kepercayaan diri siswa yang ada di MTs Yaspi Pakis berkategori sedang dengan presentase 45% dan kategori tinggi dengan presentase 23%. 2) pelaksanaan bimbingan klasikal dengan terapi dzikir untuk meningkatkan percaya diri dilakukan dengan sebanyak 2 kali treatment. 3) efektivitas bimbingan klasikal dengan terapi dzikir guna meningkatkan kepercayaan diri siswa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa di MTs Yaspi Pakis dengan hasil uji independent sample t test, yang diperoleh nilai sig (2-tailed) berjumlah 0,000, yang berarti lebih kecil dari ɑ < 0,05 dari hasil tersebut ditolak dan diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan terapi dzikir berpengaruh signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa di MTs Yaspi Pakis Kabupaten Magelang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 16:38
Last Modified: 12 Jul 2023 16:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17603

Actions (login required)

View Item View Item