ANALISIS PROFITABILITAS DALAM MEMEDIASI PENGARUH BOARD OF DIRECTOR, BOARD OF COMMISSIONERS, DAN SHARIA SUPERVISORY BOARD TERHADAP PENGUNGAKAPAN ECONOMICS DISCLOSURE INDEX (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2018-2022)

Agusti, Ana Putri (2023) ANALISIS PROFITABILITAS DALAM MEMEDIASI PENGARUH BOARD OF DIRECTOR, BOARD OF COMMISSIONERS, DAN SHARIA SUPERVISORY BOARD TERHADAP PENGUNGAKAPAN ECONOMICS DISCLOSURE INDEX (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL Skripsi Ana Putri Agusti_63010190026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agusti, Ana Putri. 2023. Analisis Profitabilitas Dalam Memediasi Pengaruh Board Of Director, Board Of Commissioners, Dan Sharia Supervisory Board Terhadap Pengungakapan Economics Disclosure Index (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2018-2022). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rosana Eri Puspita, M.B.A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis pengaruh dewan direksi, dewan komsaris dan dewan pengawas syariah terhadap economics disclosure index dengan profitabilitas sebagai variabel intervening di Bank Umum Syariah. Data sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 bank syariah yang terdaftar di Bank Umum Syariah pada tahun 2018 sampai 2022. Metode pengumpulan data dilakukan salah satunya dengan mengakses laporan tahuan yang dipublikasikan oleh masing-masing perusahaan pada websitenya masing-masing. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis E-views 10. Menggunakan sistem kuantitatif dengan cara analisis regresi data panel menggunakan metode common effect dan random effect dalam analisisnya. Dengan menggunakan uji Path Analysis, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel DD tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap EcDI. Dewan Komisaris memberikan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap EcDI. Dewan Pengawas Syariah memberikan pengaruh positif signifikan terhadap EcDI. ROA memiliki kemampuan dalam memediasi pengariuh dewan direksi dan dewan komisaris terhadap EcDI dan ROA tidak mampu memediasi DPS terhadap EcDI. Kata Kunci: Dewan Direksi, dewan komisaris, DPS, profitabilitas, Sustainability report

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 17:05
Last Modified: 04 Aug 2023 12:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item View Item