PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN QUESTION CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Lutfiatun, Novita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN QUESTION CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Novita Lutfiatun.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan question card pada materi sistem ekskresi manusia. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran CRH berbantuan question card pada materi Sistem Ekskresi Manusia terhadap hasil belajar siswa. (3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran CRH berbantuan question card. Jenis Penelitian kuantitatif dengan eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa hasil belajar pre-test dan post-test. Populasi kelas 8 adalah sebanyak 170 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-D (28 siswa) dan VIII-F (28 siswa) SMP Dharma Lestari Salatiga. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata, uji hipotesis berupa uji koefisien korelasi, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Penerapan model pembelajaran CRH berbantuan question card menunjukkan baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 86,7%. Berdasarkan hasil belajar siswa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 70,36 dan post-test nya 79,29. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 68,39 dan post-test nya 76,43. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran CRH berbantuan question card pada materi Sistem Ekskresi Manusia terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruhnya adalah senilai 57,2%. Besar respon siswa terhadap model pembelajaran CRH berbantuan question card dengan kategori sangat tinggi sebanyak 12 siswa atau sebesar 46,2% dan kategori tinggi sebanyak 14 siswa atau sebesar 53,8%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 18:08
Last Modified: 13 Jul 2023 10:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17614

Actions (login required)

View Item View Item