PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN KEDISIPLINAN IBADAH PADA SISWA SMP N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Hidayat, Pramudi Wahid (2023) PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN KEDISIPLINAN IBADAH PADA SISWA SMP N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Naskah Skripsi - Pramudi Wahid Hidayat.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Pramudi Wahid. 2023. Pendidikan Toleransi Beragama dan Kedisiplinan Ibadah pada Siswa SMP N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Aji Nugroho, Lc. M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan, toleransi beragama, kedisiplinan ibadah Kedisiplinan Ibadah seseorang dapat berimplikasi positif dengan perilaku keagamaan yang dihasilkan, salah satu indikator dapat terciptanya sikap saling menghargai dan menghormati keberadaan ajaran agama lain yang menjadi salah satu perintah agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan toleransi beragama dan kedisiplinan ibadah pada siswa SMP N 1 Salatiga serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan oleh penulis berupa data primer dan sekunder yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini berupa, proses pendidikan toleransi beragama dan kedisiplinan ibadah menggunakan metode ceramah berupa nasehat, pembiasaan-pembiasaan baik dan kegiatan rutin yang mampu membuat peserta didik mengintegrasikan nilai-nilai toleransi beragama dan kedisiplinan ibadah dalam perilaku sehari-hari; faktor pendukungnya adalah support dari pimpinan atau kepala sekolah, kerjasama antar guru, sarana prasarana yang memadai, dukungan eksternal sekolah yaitu orang tua dan adanya peraturan atau punisment; faktor penghambatnya adalah kurangnya sumber daya manusia yaitu guru yang ikut serta dalam kegiatan, kesadaran peserta didik yang kurang peduli, sarana prasarana yang tidak sepadan dengan jumlah siswa dan pihak eksternal yaitu lingkungan masyarakat dalam konteks pengaruh negatif diluar kendali pihak sekolah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 20:10
Last Modified: 12 Jul 2023 13:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item