KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEKNIK PERMAINAN RANKING 1 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTS ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

fahrina, dina (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEKNIK PERMAINAN RANKING 1 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTS ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DINA FAHRINA_23070180099_TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan teknik permainan ranking 1 terhadap hasil belajar pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen murni dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yang kemudian diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 23.0 yaitu uji One Sample T-Test dan uji Independent Sample T-Test. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji One Sample T-Test pada hasil belajar siswa kelas eksperimen sudah memenuhi KKM yaitu diperoleh nilai rata-rata 77,09 > 75 sedangkan pada hasil belajar siswa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,93 < 75 sehingga belum memenuhi KKM. Hal ini juga dibuktikan dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan teknik permainan ranking 1 lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima, yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan teknik permainan ranking 1 efektif terhadap hasil belajar pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 20:39
Last Modified: 12 Jul 2023 20:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item View Item