PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK TERINTEGRASI CANVA BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMATIK MATERI POSTER

Nisa, Indah Aulia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK TERINTEGRASI CANVA BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMATIK MATERI POSTER. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS INDAH AULIA NISA PDF.pdf

Download (7MB)

Abstract

Indah Aulia Nisa 2022. Pengembangan Media Flipbook Terintegrasi Canva Berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada Tematik Materi Poster. Tesis. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Noor Malihah, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook yang diintegrasikan dengan Canva berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik materi poster melalui analisis kebutuhan, menguji kelayakan dan kepraktisan, serta mengetahui efektifitasnya terhadap hasil belajar siswa. Manfaat penelitian ini adalah peneliti memberikan gagasan dan ide untuk menambah dan mengembangan wawasan terkait media Flipbook terintegrasi Canva berbasis PjBL pada tematik materi poster. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas dan siswa kelas IV di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur untuk menggali data terkait analisis kebutuhan, angket digunakan untuk menguji kelayakan dan kepraktisan media, dan tes untuk melihat hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dengan model Miles & Huberman untuk menganalisis kebutuhan pengembangan dan analisis statistik untuk mengukur kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil yang diperoleh dari segi kelayakan ahli materi memperoleh skor 95,8% dan ahli media memproleh skor sebesar 90,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Sementara skor yang diperoleh dalam uji kepraktisan dari pendidik sebesar 98,25% dan dari peserta didik sebesar 85,25% dengan kategori “Sangat Praktis”. Efektivitas media Flipbook terintegrasi canva berbasis PjBL ditunjukkan dari hasil uji Paired Sample T Test diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 9,535 > 7,200 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Flipbook terintegrasi Canva berbasis Project-Based Learning pada tematik materi poster “Efektif” dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik materi poster di kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec.Tuntang Kab.Semarang Tahun Ajaran 2022-2023. Kata Kunci: Media Flipbook, Canva, Project-Based Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 22:03
Last Modified: 12 Jul 2023 22:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17635

Actions (login required)

View Item View Item