PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL MELALUI PENGGUNAAN LKPD DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

laraswati, Yuni (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL MELALUI PENGGUNAAN LKPD DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
YUNILARAS 23060108069.pdf

Download (3MB)
[img] Text
YUNILARAS 23060108069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wati, Yuni Laras . 2022. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global Melalui Penggunaan LKPD dengan Model Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sungai Lilin tahun pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar IPA; LKPD; Model Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui deskripsi keterampilan proses sains dan hasil belajar dengan menggunakan penerapan model Creative Problem Solving pada materi pemanasan global dikelas VII SMPN 2 Sungai Lilin tahun pelajaran 2022/2023 (2) Untuk mengetahui peningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada siswa melalui penggunaan LKPD kelas VII SMPN 2 Sungai Lilin tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMPN 2 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin yang berjumlah 28 siswa dengan rincian 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan LKPD melalui model Creative Problem Solvingdapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMPN 2 Sungai Lilin pada materi pemanasan global. (1) Deskripsi keterampilan proses sains ini dilihat dari siklus I dan siklus II. Didapat hasil rata-rata dari siklus I yaitu 75,11% dan pada siklus II yaitu 87,17%. untuk hasil belajar peserta didik dengan KKM ≥70 pada siklus I hanya 8 siswa yang tuntas dengan nilai persentase 28,58% melalui penggunaan LKPD. Dan yang siswa yang tidak tuntas dengan nilai persentase 71,42%. Untuk ketuntasan klasikannya adalah 85%. Dan untuk siklus ke II siswa yang tuntas berjumlah 24 siswa dengan persentase ketuntasan yaitu 85,71% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa dengan nilai persentase tidak tuntas yaitu 14,29%. Untuk siklus II hasil belajar peserta didik dinyatakan memenuhi nilai klasikal. (2) Hasil keterampilan proses sains mengalami peningkatan 12,06%. Dan untuk hasil belajar melalui penggunaan LKPD mengalami peningkatan 57,13%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:27
Last Modified: 13 Jul 2023 04:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17643

Actions (login required)

View Item View Item