PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DEVIDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perbankan Syariah yang Terdaftar pada OJK Periode Tahun 2015-2022)

AFIQRIN, JOESAFAT BALQIS (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DEVIDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perbankan Syariah yang Terdaftar pada OJK Periode Tahun 2015-2022). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Joesafat 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh profitabilitas, kebijakan deviden, dan kepemilikan manajerial, terhadap manajemen laba dengan kualitas audit sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2015-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder bank syariah, data sekunder yang dipakai dalam penelitian ini merupakan data dalam bentuk laporan keuangan tahunan. Total jumlah sampel bank syariah yang terdaftar di OJK sesuai kriteria penelitian ini digunakan sebanyak 12 bank dengan teknik pengambilan purposive sampling.Uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji regresi berganda, uji statistik, uji asumsi klasik. Berdasarkan Uji F-Statistic model yang terbentuk dalam penelitian ini terbuksi secara simultan dapat berpengaruh pada variabel dependen. Berdasarkan Uji Ttest menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, variabel kebijakan deviden berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, variabel kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, berdasarkan hasil uji determinasi bahwa model terbentuk 13% dapat dijelaskan dengan variabel yang diuji, sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi. Dan hasil Uji Regresi moderasi menunjukkan bahwa variabel kualitas audit hanya dapat memoderasi pengaruh variabel profitabilitas, sedangkan untuk variabel kebijakan deviden, dan kepemilikan manajerial tidak dapat dimoderasi pengaruhnya terhadap manajemen laba dalam studi kasus pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2015-2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:22
Last Modified: 13 Jul 2023 12:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item