PEMBINAAN KEISTIKAMAHAN BERIBADAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTS YASINTA CABEAN MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Pujiyanto, (2023) PEMBINAAN KEISTIKAMAHAN BERIBADAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTS YASINTA CABEAN MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Pujiyanto_23010190474_PAI_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bentuk pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar pada siswa di MTs Yasinta Cabean Mangunsari Salatiga. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar pada siswa di MTs Yasinta Cabean Mangunsari Salatiga. 3) Untuk mengetahui hasil pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar siswa di MTs Yasinta Cabean Mangunsari Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptis kualitatif. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk subjek penelitian ini adalah siswa, Guru Pembina, dan kegiatan pembinaan yang dilakukan sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar MTs Yasinta Cabean Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023, adalah: Shalat berjamaah, Asmaul husna, Kajian hadits, Tadarus al qur’an, Video motivas, Perpustakaan sampai malam, dan Wajib belajar bersama. (2) Faktor pendukung pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar MTs Yasinta adalah: Faktor dari siswa, faktor dari keluarga. faktor lingkungan, faktor dari guru. Faktor penghambat pembinaan keistikomahan beribadah dan kedisiplinan belajar adalah: Hambatan dari siswa dan faktor lingkungan. (3) Hasil pembinaan keistikomahan beribadah siswa di MTs Yasinta sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari sikap para siswa yang sudah mempunyai rasa takut kepada Allah swt. sehingga selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.Siswa juga sudah sigap ketika mendengar adzan berkumandang, membaca al qur’an, asmaul husna tanpa adanya perintah dari guru. Hasil pembinaan kedisiplinan belajar siswa di MTs Yasinta sudah cukup baik, siswa sudah mempunyai pemikiran bahwa wajibnya menuntut ilmu, mematuhi peraturan madrasah, dan sudah terbiasa melakukan shalat berjamaah, memanfaatkan perpustakaan yang buka sampai malam, dan melakukan belajar bersama.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 16:18
Last Modified: 13 Jul 2023 16:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item