PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOLAR SYSTEM SCOPE BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fadli, Khoirul (2023) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOLAR SYSTEM SCOPE BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
KHOIRUL FADLI 23060190098.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menerapkan model Blended Learning berbantuan media Solar System Scope berbasis android dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi Sistem Tata Surya pada siswa kelas VII A MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023; 2) meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VII A MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023 melalui model Blended Learning berbantuan media Solar System Scope berbasis android materi Sistem Tata Surya; 3) meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII A MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023 melalui model Blended Learning berbantuan media Solar System Scope berbasis android materi Sistem Tata Surya. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui 2 siklus dengan langkah-langkah 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (action), 3) pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflection). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) keterlaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh persentase sebesar 67,6% untuk guru dan 59,8% untuk siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95,1% untuk guru dan 86,7% untuk siswa. 2) Angket minat belajar siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 71,83 dengan persentase ketuntasan sebesar 8,7%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 87,48 dan persentase ketuntasan 95,7%. 3) Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,43 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,1%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 83,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 91,3%. Ketiga hasil penelitian tersebut yang diperoleh melalui instrumennya masing-masing telah melampaui indikator keberhasilan yang diharapkan dan penelitian dikatakan berhasil. Jadi penerapan model Blended Learning berbantuan media Solar System Scope berbasis android dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi Sistem Tata Surya pada siswa kelas VII A MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 17:09
Last Modified: 13 Jul 2023 17:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17661

Actions (login required)

View Item View Item