charisah, Nur (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs AL-BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI NUR CHARISAH fix_1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Charisah, Nur. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Media Mind mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Segiempat Kelas VII MTs AL-Bidayah Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga : Jurusan Tadris Matematika Fakukltas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Dosen Pembimbing : Mufiq, S. Ag., M. Phil.l Kata Kunci: Kooperatif Tipe TAI, mind mapping, hasil belajar Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan media mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi segiempat kelas VII MTs Al-Bidayah Candi Bandungan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas VII sebanyak 58 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability- sampling dengan sampling insidental. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yang berjumlah 25 anak, yang diambil dari seluruh peserta didik kelas VII A MTs Al-Bidayah Candi Bandungan Analisis data dalam penelitin ini menggunakan uji N-Gain berbantu program SPSS versi 26 pada menu transform. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi segiempat dengan pendekatan mind mapping kelas VII A MTs Al-Bidayah Candi dinyatakan efektif dalam kategori sedang. Nilai rata-rata N-Gain kelas VII A bernilai 0.6268. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil analisis data menghasilkan uji N-gain dengan taraf sedang dikarenakan, yang pertama faktor eksternal yaitu faktor yang disebabkan karena terdapat kondisi diluar kendali peneliti berupa saat pembelajaran berlangsung terdapat event dari MA Al-Bidayah yang membuat konstentrasi peserta didik kurang fokus pada pelajaran peserta didik terbiasa menggunakan metode pembelajaran secara konvensional, peserta didik sulit dikondisikan, yang membuat pembelajaran menjadi sulit, anak-anak masih asing dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 17:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 09:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17664 |
Actions (login required)
View Item |