PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia Tahun 2018-2022)

HASANAH, MUSYAROFATUN (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia Tahun 2018-2022). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Musyarofatun H-SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasanah, Musyarofatun. 2023. Pengaruh profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage, terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating. Skripsi,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1- Akuntansi Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Yudha Trishananto, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Malaysia. Metode sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana terdapat penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Sehingga sampel yang diperoleh 13 dari 14 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Malaysia dalam perusahaan sektor industrial product and service pada tahun 2018-2022. Jenis data yang digunakan ini adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistic deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji T, uji F, uji R2, uji asumsi klasik dan uji MRA. Uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolahan data eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel ukiran perusahaan tidak berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian variabel leverage tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan Islamic Social Reporting (ISR) dapat memoderasi hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, Islamic Social Reporting (ISR) tidak dapat memoderasi pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, Islamic Social Reporting

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 20:11
Last Modified: 13 Jul 2023 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item