PENERIMAAN DIRI ORANG TUA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN AKTUALISASI DIRI POSITIF (STUDI KASUS DI SLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU)

, Qori'ah Nur Hasanah (2023) PENERIMAAN DIRI ORANG TUA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN AKTUALISASI DIRI POSITIF (STUDI KASUS DI SLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI QORIAH-1(2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur, Qoriah Hasanah. 2022. Penerimaan Diri Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan khusus dengan Aktualisasi Diri Positif (Studi Kasus di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru). Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, M.Psi. Kata Kunci: Penerimaan diri, Anak Berkebutuhan Khusus, Aktualisasi Diri Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki gangguan dalam proses tumbuh kembangnya, baik itu satu gangguan ataupun lebih dari satu, baik secara fisik maupun psikis sehingga mereka sangat memerlukan pelayanan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan diri orang tua yang memiliki ABK dengan aktualisasi diri positif di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru. Pertanyaan utama penelitian ini yaitu bagaimana gambaran penerimaan orang tua yang memiliki ABK dengan aktualisasi diri positif. Kedua, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua yang memiliki ABK dengan aktualisasi diri positif di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua ABK, siswa ABK, keluarga ABK, dan guru ABK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua ABK yang memiliki aktualisasi diri positif. Teknis analisis data dilakukan dengan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua memberikan penerimaan diri yang baik anaknya yang berkebutuhan khusus. Penerimaan yang diberikan oleh orang tua yang memiliki ABK dengan aktualisasi diri positif yaitu kasih sayang, perhatian, dan rasa cinta terhadap ABK. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua yaitu dukungan sosial, religiusitas, kecerdasan emosi, kualitas perkawinan, dan usia orang tua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:12
Last Modified: 13 Jul 2023 21:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17691

Actions (login required)

View Item View Item