PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV DI MI TEGALWATON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (PTK KOLABORATIF)

Nisfaturrifah, Faridatun (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV DI MI TEGALWATON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (PTK KOLABORATIF). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Faridatun Nisfaturrifah_11509048.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kurangnya penerapan/penggunaan metode dalam pembelajaran IPA adalah salah satu penyebab kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan cara berceramah/monoton, guru kurang efektif dan kreatif dalam menerapkan metode belajar. Sehingga guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Maka dari itu, untuk memperbaiki kelemahan dalam belajar secara efektif peneliti menerapkan metode eksperimen agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA materi perubahan wujud benda (sifat-sifat benda cair) pada siswa kelas IV di MI Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Apakah metode eksperimen pada pembelajaran IPA (untuk materi perubahan wujud benda) dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV MI Tegalwaton tahun pelajaran 2013/2014?. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes berupa pre test dan post test. Adapun temuan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas IV MI Tegalwaton . Hal ini dapat dibuktikan semakin meningkatnya prestasi belajar siswa dari setiap siklusnya yaitu 61,7% saat kondisi awal, pada siklus I 66,9%, pada siklus II meningkat 6,37% menjadi 73,27%, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan hingga mencapai 81,38%. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran IPA terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda (sifat-sifat benda cair) kelas IV MI Tegalwaton, saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Terbukti dari setiap siklusnya ada peningkatan dalam prestasi belajar. Siklus I dengan rata-rata 66.9%, siklus II 73.7% sedangkan siklus III 81.38%. Dan penerapan metode eksperimen dapat mencapai KKM IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas IV MI Tegalwaton. Hal ini dapat dibuktikan: (a) KKM individual 100%, (b) KKM ideal 100%, (c) KKM kelas 100% > 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:39
Last Modified: 15 Feb 2016 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item