PENGARUH PENGGUNAAN BIG BOOK CERITA FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH MA’ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Azizah, Umi Nur (2023) PENGARUH PENGGUNAAN BIG BOOK CERITA FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH MA’ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan big book cerita fabel terhadap keterampilan menyimak dan keterampilan menulis siswa MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Eksperimen ini pengembangan dari true experimental. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan big book cerita fabel berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dan keterampilan menulis siswa MI Ma’arif Mangunsari kota salatiga. Hal ini terbukti dari hasil uji t-test keterampilan menyimak dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung (3,284) > t tabel (2,026) dan nilai sig. (0,002) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 menunjukkan bahwa keterampilan menyimak kedua kelompok berbeda secara signifikan. Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test hasil belajar menyimak siswa pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan media big book cerita fabel dalam menyimak mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84,21 sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan media konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,00. Pada hasil uji t-test keterampilan menulis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung (3,373) > t tabel (2,026) dan nilai sig. (0,002) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 menunjukkan bahwa keterampilan menulis kedua kelompok berbeda secara signifikan Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test hasil belajar menyimak dongeng siswa pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan big book cerita fabel dalam keterampilan menulis mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,00, sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan media visual memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,65.pada uji regresi linier dengan nilai signifikansi keterampilan menyimak 0,000 < 0,05 dan keterampilan menulis sebesar 0,006 < 0,000.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 23:48
Last Modified: 13 Jul 2023 23:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item