PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 2 SUBTEMA 1 JENIS-JENIS USAHA EKONOMI MASYARAKAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I DI MI TAHASSUS MA’ARIF NU KECAMATAN PEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

yuliardi, Arum (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 2 SUBTEMA 1 JENIS-JENIS USAHA EKONOMI MASYARAKAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I DI MI TAHASSUS MA’ARIF NU KECAMATAN PEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Arum Yuliardi_23040190052_PGMI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Yuliardi, Arum, 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 2 Subtema 1 Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Dengan Media Gambar Bagi Siswa Kelas V Semester I Di MI Tahassus Ma’arif NU Kecamatan Pedan, Tahun Pelajaran 2022/22023. Skripsi. Program Studi Tadris Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Make A Match, Media Gambar Bagi Siswa Kelas V, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat menggunakan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar bagi siswa kelas V mi tahassus ma’arif nu kecamatan pedan tahun pelajaran 2022/2023. Hasil belajar yang rendah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana digunakan untuk memperbaiki praktek pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V A di mi tahassus ma’arif nu kecamatan pedan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa dengan rincian 19 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar bagi siswa kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses belajar. Pada pra siklus, siswa yang tuntas sebanyak 1 siswa atau 3,44% dengan nilai rata-rata kelas 38,44 . Siklus I siswa tuntas sebanyak 9 siswa atau 31,03% dengan nilai rata-rata kelas 1.740 dan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 93,10% dengan nilai rata-rata kelas 81,03.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:46
Last Modified: 14 Jul 2023 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17707

Actions (login required)

View Item View Item