BIMBINGAN ISLAM TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENAATI TATA TERTIB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SALATIGA

Rahmawati, Ida (2023) BIMBINGAN ISLAM TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENAATI TATA TERTIB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ida Rahmawati_23080190017_revisi 10 juli 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ida Rahmawati. 2023 Bimbingan Islam Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan dalam Menaati Tata Tertib Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Bimbingan Islam, Self-Management, Kedisiplinan Siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kondisi awal kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib, 2) untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan islam dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib, 3) untuk menganalisis efektivitas bimbingan islam dengan teknik self-management guna meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan desain Pre- Experimental Design One-Group Pretest-Posttest Design yang dilakuakn dengan tahapan Pretest, Treatment, dan Posttest. Treatment menggunakan teknik self-management dengan tahapan monitor diri atau Observasi Diri , Identifikasi dan penetapan target perilaku selanjutnya , penentuan strategi, komitmen diri, pelaksanaan strategi, evaluasi diri dan reinforcement. Dalam penelitian ini, metode random sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Sumber informasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala psikologi dan dokumentasi terkait hal tersebut. Penelitian ini menggunakan 256 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga sebagai subjeknya, dan sampel terdiri dari 30 siswa kelas VIIF yang kurang disiplin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bimbingan islam dengan Teknik self-management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil setelah diadakan treatment semula dalam kategori rendah dengan jumlah skor 2.146 rata-rata 71,53. Sedangkan skor minimal 51 dan skor maksimal 97. Setelah diadakan treatment jumlah skor menjadi 2.844 rata-rata 94,8 dengan skor minimal 80 dan skor maksimal 114. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata dari 71,53 menjadi 94,8 dengan selisih 23,27. Selain itu juga dibuktikan dengan uji paired sample test nilai signifikansi (2-Tailed) pretest dan posttest 0,000 < 0,05 maka H0 : ditolak dan Ha : diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 17:45
Last Modified: 14 Jul 2023 17:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17717

Actions (login required)

View Item View Item