EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBASIS STAD DENGAN PROYEK MEDIA POSTER KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/20223

SAIDATUNNISA, (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBASIS STAD DENGAN PROYEK MEDIA POSTER KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/20223. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SAIDATUNNISA_23060190079[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saidatunnisa. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Berbasis STAD Membuat Media Poster Konsep Sistem Ekskresi Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, PjBL Berbasis STAD, Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL berbasis STAD membuat media poster konsep sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis Penelitian Quasi Experimental Design dan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik cluster sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut, sampel yang diambil peneliti dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbasis STAD dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, angket, observasi, RPP, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu dilanjutkan melakukan uji hipotesis menggunakan uji dua sampel bebas (Independent Samples t-test). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen mendapat nilai awal (pretest) 48,50 dan nilai akhir (posttest) dengan rata-rata 52,22. Nilai rata-rata kelas kontrol mendapat nilai awal (pretest) 50,22 dan nilai akhir (posttest) dengan rata-rata 54,39. Nilai thitung < ttabel (-0,765 < 2,120) dan nilai signifikansi 0,449 > 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis STAD tidak efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 17:56
Last Modified: 14 Jul 2023 17:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17718

Actions (login required)

View Item View Item