EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTS YASPI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

sofiana, Ana nur (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTS YASPI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ANA NUR SOFIANA 23070190003.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir komputasional materi statistika siswa kelas VIII di MTs YASPI Pakis tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Model pembelajaran PBL berbantuan LKPD menjadi variabel bebas dan kemampuan berpikir komputasional menjadi variabel terikat. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII MTs YASPI Pakis dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas eksperimennya yaitu kelas VIII E dan kelas kontrolnya adalah kelas VIII A. Sesuai dengan variabel penelitian, maka pendekatan pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL sementara kelas kontrol menerapkan metode ekspositori. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen soal tes yang berupa soal uraian sejumlah 5 soal. Analisis data kelas kontrol maupun kelas eksperimen dilakukan dengan uji Independent Sample T Test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII di MTs YASPI Pakis. Hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata posttest di kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran yang biasanya diajarkan oleh guru kelas yaitu metode ekspositori, dimana rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 76,61 > 45,71.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 21:09
Last Modified: 14 Jul 2023 21:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17723

Actions (login required)

View Item View Item