Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Couple Card Pada Siswa Kelas V MI Al-Ittihad Semowo Tahun Ajaran 2022/2023

Istifaiyah, (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Couple Card Pada Siswa Kelas V MI Al-Ittihad Semowo Tahun Ajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ISTIFAIYAH 23040190078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Istifaiyah. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Couple Card Pada Siswa Kelas V MI Al-Ittihad Semowo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Usaha dan Kegiatan Ekonomi, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), Media Couple Card. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dengan media couple card pada siswa kelas V MI Al-Ittihad Semowo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dapat peneliti selesaikan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Terdapat 4 teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan menggunakan batas keberhasilan klasikal sebesar 85% dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dengan media couple card pada siswa kelas V MI Al-Ittihad Semowo tahun ajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan peningkatan presentase belajar siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata meningkat dari pra siklus 54,25, kemudian siklus I menjadi 66,25, dan siklus II meningkat menjadi 82,25. Sedangkan presentase ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus 30% dengan sebanyak 6 siswa tuntas, kemudian siklus I menjadi 65% dengan sebanyak 13 siswa tuntas, dan siklus II meningkat menjadi 90% dengan sebanyak 18 siswa tuntas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:56
Last Modified: 15 Jul 2023 03:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item View Item