Putri, Aulia Rahmayanti (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
AULIA RAHMAYANTI PUTRI 23070190119 .pdf Download (4MB) |
Abstract
Putri, Aulia Rahmayanti. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Teams Games Tournament, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis eksperimen yaitu quasi experimental design atau eksperimen semu, serta dengan skema pretest posttest control group design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Salatiga dengan samplenya terdiri dari siswa kelas X TEI.B sebagai kelas kontrol dan kelas X TEI.C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 71 siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan uji one sample t-test, uji independent sample t-test dan uji N-gain. Hasil uji prasyarat memperlihatkan bahwa data yang didapatkan berdistribusi normal serta bersifat homogen. Kemudian dianalisis diperoleh hasil dengan uji one sample t-test sebesar 0,000 dianalisis menurut kriteria penarikan keputusan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima dengan arti rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan 72, karena nilai t = 14,383 lebih dari 0 dan nilai rata-rata posttest eksperimen = 88,61 maka dapat diketahui bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih dari sama dengan 72 yang artinya lebih dari nilai KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran). Kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test diperoleh 0,000 sehingga rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pada uji N-gain sebesar 0,85 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 20:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 12:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17732 |
Actions (login required)
View Item |