PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN HABITS OF MIND MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA TAYU PATI TAHUN AJARAN 2022/2023

syahida, Rofi'a himatus (2023) PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN HABITS OF MIND MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA TAYU PATI TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ROFI'A HIMATUS SYAHIDA 23070190106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Syahida, Rofi’a Himatus. 2023. Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Habits of Mind Siswa Kelas VII MTs Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negari (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Proses Berpikir, Soal Open Ended, Habits of Mind Berpikir kreatif dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan Habits of Mind dalam materi bangun ruang sisi datar kelas VIIF Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sember data yang diperoleh dari guru dan siswa kelas VIIF MTs Miftahul Huda Tayu. Teknik pengambilan subjek dengan cara purposing sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Siswa dengan habits of mind baik mampu melakukan proses pengerjaan sesuai dengan strategi secara terampil, mampu memiliki pemikiran mengenai hal baru, mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian matematis tanpa memerlukan waktu yang lama. Siswa dengan habits of mind sedang mampu melakukan proses pengerjaan walaupun masih perlu dikembangkan, mampu memiliki pemikiran tentang hal baru walaupun perlu dikembangkan, dan mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian matematis walaupun dilakukan secara berulang-ulang. Siswa dengan habits of mind kurang, kurang mampu melakukan proses pengerjaan dengan strategi, kurang mampu dalam memiliki pemikiran tentang suatu hal yang berbeda, dan kurang mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian masalah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 20:52
Last Modified: 17 Jul 2023 12:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item