Pengembangan Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2022/2023

Febriyanti, Siwi (2023) Pengembangan Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Siwi Febriyanti 23060190095-2_compressed.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis kebutuhan peserta didik, tahapan pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan efektifitas dari penggunaan media KOKAMIpada konsep getaran dan gelombang Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model pengembangan dari Borg & Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk pertama, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk kedua. Pengembangan media KOKAMIdilakukan penilaian kelayakan dan kepraktisan oleh guru dan peserta didik, serta diuji cobakan terhadap peserta didik menggunakan one group Pretest-Posttest design. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T test dan n-gain score. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Media KOKAMI dibutuhkan guru dan peserta didik dalam menunjang pembelajaran IPA; 2) Media KOKAMI menerapkan langkah pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono; 3) Media KOKAMI memperoleh nilai uji kelayakan yaitu media sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan materi sebesar 83,33% dengan kategori sangat layak; 4) Media KOKAMI memperoleh nilai uji kepraktisan dari guru yaitu sebesar 78,49% dengan kategori praktis dan peserta didik sebesar 88,89% dengan kategori sangat praktis; 5) Efektivitas media KOKAMI dianalisis menggunakan uji paired sample t test memperoleh t hitung > t tabel, yaitu 11,975 > 2,048 dengan nilai siginifikasinya 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media KOKAMI efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil uji N-gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa media KOKAMI, sangat layak, sangat praktis, dan efektif dalam pembelajaran IPA. Implikasi penelitian ini yaitu sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan dengan menggunakan media KOKAMI.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2023 17:05
Last Modified: 24 Jul 2023 09:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item