PENANAMAN HUMANISME RELIGIUS DAN PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Ramadhani, Afina Farah (2023) PENANAMAN HUMANISME RELIGIUS DAN PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AFINA_FARAH_RAMADHANI_23010190007_ (3)_101724.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untukuuntuk mengetahui mengenai : 1) Penanaman humanisme religius pada peserta didik ; 2) Faktor pendukung dalam penanaman humanisme religius 3) Faktor penghambat dalam menanamkan humanisme religius peserta didik di SMP Negeri 3 Salatiga. Jenis penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis data menggunakan cara deskripsi data dari beberapa informan, kemudian mereduksi dataddisesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh penelitian. Dan diakhiri dengan kesimpulanountuk menjawabutujuan dari penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Penanaman humanisme religius diri pada peserta didik melalui pembiasaan kegiatan berbasis keagamaan, nasihat dan motivasi, sikap tolong menolong, koreksi serta pengawasan. (2)Faktor pendukung penanaman humanisme religius pada peserta didik ialah kesadaran peserta didik sendiri dan kerjasama dari guru serta orang tua yang baik.(3) Faktor penghambat dari penanaman humanisme religius ialah dari latar belakang peserta didik yang berbeda-beda dan usia mereka yang masih perlu adanya bimbingan dari guru dan orang tua.(4) Pengembangan potensi diri pada peserta didik dengan cara menyalurkannya melalui beberapa ekstrakulikuler yang telah disediakan sesuai dengan kemampuan dan hobi dari masing-masing peserta didik (5)Faktor pendukung pengembangan potensi diri yaitu keterbukaan antara guru dan peserta didik dan juga fasilitas yang memadai dari pihak sekolah (6) Faktor penghambat dari pengembangan potensi diri yaitu dengan seiring perkembangan zaman tidak sedikit peserta didik yang menghabiskan waktunya dengan bermain media sosial dan juga lingkungan yang kurang mendukung di sekitar mereka.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2023 17:15
Last Modified: 17 Jul 2023 17:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item