Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa

Liyani, (2023) Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23080180011 SKRIPSI LIYANI BKPI 2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Liyani, 2022. Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa Kelas VII di SMP Dharma Lestari. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M. Pd.I. Kata Kunci : Teknik Modelling; Self-Esteem; Siswa Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui kondisi self-esteem siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari sebelum dilakukan bimbingan klasikal dengan teknik modelling. 2) Mengetahui kondisi self-esteem siswa kelas VII setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modelling di SMP Dharma Lestari. 3) Mengetahui efektivitas teknik modelling dalam meningkatkan self-esteem siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari. Jenis penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 40 siswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner dan skala pengukuran keduanya digunakan dalam alat penelitian ini. Teknik modelling sangat membantu dalam meningkatkan self-esteem siswa kelas tujuh di SMP Dharma Lestari, sebagaimana dibuktikan oleh temuan penelitian yang dapat ditentukan dengan kegunaan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis 2 sisi menggunakan data pretest dan posttest adalah 0,000. Oleh karena itu, jika 0,000 0,05, Ho ditolak sementara Ha diterima. Perbedaan yang signifikan dalam persentase skor pada pretest dan posttest, dengan pretest memiliki skor 63,72% dan posttest memiliki skor 78,35%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2023 15:37
Last Modified: 18 Jul 2023 08:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17766

Actions (login required)

View Item View Item