Penerapan Konsep Adab Guru Dalam Kitab Siyaar A'lamin Nubala Karya Imam Dzahabi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MATIQ As-Surkati Salatiga

, Zaenal Mutaqin (2023) Penerapan Konsep Adab Guru Dalam Kitab Siyaar A'lamin Nubala Karya Imam Dzahabi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MATIQ As-Surkati Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
naskah tesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Konsep Adab Guru dalam Kitab Siyaar A'lamin Nubalaa Karya Imam Dzahabi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MATIQ As-Surkati Salatiga Diantara gambaran masalah yang ditemukan peneliti adalah kondisi sebagian etika guru yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan islam itu sendiri. Ada pula guru yang tidak peduli dengan kesalahan anak didik yang dilihatnya. Ditambah masih banyak terjadi pelanggaran anak didik yang diduga akibat pengaruh dari etika guru yang buruk. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengingatkan kembali adab guru yang baik kepada jajaran guru yang ada di dua madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian multimetode yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peneliti melihat metode ini cocok dengan penelitian ini karena tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menjelaskan konsep etika yang terkandung dalam kitab siyaar a’laamin nubala karya Imam Dzahabi dan menerapkannya pada madrasah tersebut. Hasil yang dicapai diantaranya menunjukkan bahwa guru selalu menunjukkan sikap ikhlas terhadap tugas mengajar siswa dalam pekerjaannya. Secara umum adab guru di dua madrasah tersebut sudah sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh Imam Dzahabi dalam kitabnya Siyaar Alamin Nubala. Sementara itu sebaiknya guru tidak hanya meningkatkan kualitasnya dari segi kecerdasan tentang materi yang diajarkan. Namun guru juga perlu memperhatikan adabnya saat berada di lingkungan sekolah. Karena sikap dan tingkah laku guru lebih berpengaruh terhadap kualitas anak didiknya daripada materi yang didapatkan saat berada di kelas. Kata kunci : adab guru, imam dzahabi, siyaar alamin nubala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2023 19:29
Last Modified: 18 Jul 2023 19:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item