EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA ROTAR DAN KOKAMI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GEDANGAN

Risniyanti, Indah Dwi (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA ROTAR DAN KOKAMI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GEDANGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
INDAH DWI RISNIYANTI_12020210011_S2 PGMI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Risniyanti, Indah Dwi. Efektivitas Penggunaan Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Rotar dan Kokami Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Tesis. 2023. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media rotar dan kokami terhadap keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan menggunakan nonequivalent control group design . Terdapat dua jenis kelompok dalam penelitian kuasi eksperimen yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media rotar (roda berputar ) dan kokami (kotak kartu misterius). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA dan VB MI Ma’arif Gedangan dengan sampel seluruh populasi yaitu 32 siswa karena populasi kurang dari 100 maka sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai hasil belajar IPS, skor angket keaktifan belajar dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah: (1) Penggunaan model student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan media rotar dan kokami pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa dilihat dari lembar angket dan dokumentasi. (2) Penggunaan model SFAE dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol dilihat pada rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 74,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,25. (3) Penggunaan model pembelajaran SFAE pada mata pelajaran IPS efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan, karena keaktifan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai hasil belajar dengan hasil thitung 2,807 sedangkan ttabel = 2,048, sehingga thitung > ttabel. Hasil analisis keaktifan belajar diperoleh nilai thitung = 8,424 sedangkan ttabel = 2,048 dengan taraf signifikasi 5%, sehingga thitung > ttabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Model Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2023 19:40
Last Modified: 22 Jul 2023 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item