PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR POP UP PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MIS WONOKASIHAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Ririn Qoidatu Maulias (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR POP UP PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MIS WONOKASIHAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RIRIN QOIDATU MAULIAS PUTRI 23040190096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar menggunakan metode numbered head together dengan media gambar pop up pada siswa kelas IV semester II MIS Wonokasihan. Rumusan masalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan metode numbered head together dengan media gambar pop up dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV semester II MIS Wonokasihan tahun pelajaran 2022/2023?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV MIS Wonokasihan yang terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan, dengan jumlah keseluruhan 19 siswa. Penelitian ini menggunakan metode numbered head together dengan media gambar pop up. Pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode numbered head together dengan media gambar pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan persiklusnya. Pada prasiklus yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 31,58%. Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 68,42%. Pada siklus I yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 68,42%. Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 31,58%. Pada siklus II seluruh siswa sudah tuntas atau 100%. Peningkatan hasil belajar siswa, dari prasiklus ke siklus I awalnya 31,58% naik 36,84% menjadi 68,42%. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 68,42% naik 31,58% menjadi 100%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2023 18:20
Last Modified: 20 Jul 2023 18:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17793

Actions (login required)

View Item View Item