PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI THAHARAH MELALUI METODE SQ4R DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII A DI MTS DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2022/2023

Widiatmaja, Ferry (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI THAHARAH MELALUI METODE SQ4R DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII A DI MTS DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FERRY WIDIATMAJA(1) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran adalah bentuk upaya sadar yang dilakukan secara terencana untuk mengubah perilaku manusia menjadi pribadi yang mandiri dan matang melalui serangkaian proses yang dirancang sebagai latihan terus-menerus untuk menginternalisasikan nilai-nilai yang diajarkan menjadi pengalaman yang menghasilkan pengetahuan otentik dan berguna bagi hidupnya. Dalam konteks tersebut, pembelajaran fiqih dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang pokok-pokok hukum Islam untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan melalui dua siklus, dengan menggunakan empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, obesrvasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MTs Darul Ma’arif, Pringapus dengan subjek penelitian siswa kelas VII A, sebanyak 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif untuk menghitung nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih materi thaharah dengan mengimplementasikan metode SQ4R dan talking stick terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat baca siswa dan meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VIIA di MTs Darul Ma’arif, Pringapus. Analisis data menunjukkan pada tahap pra – siklus, jumlah siswa yang tuntas mencapai nilai standar minimal > KKM 70 sebanyak 12 orang atau 42,86% dengan nilai rata-rata klasikal 62,50% < KKM 70. Tahap siklus I, jumlah siswa yang tuntas mencapai ketuntasan nilai standar minimal > 70 sebanyak 19 orang atau 67,85% dengan nilai rata-rata klasikal 71,60 > KKM 70. Tahap siklus II, jumlah siswa yang tuntas mencapai nilai standar minimal > KKM 70 sebanyak 25 orang atau 89,29% dengan nilai rata-rata klasikal 79,46 > KKM 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ4R dan talking stick mampu meningkatkan minat baca siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA MTs Darul Ma’arif, Pringapus tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2023 20:28
Last Modified: 24 Jul 2023 14:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item