UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI HUSNUZAN, TAWADHU, TASAMUH, DAN TA’AWUN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MEDIA SORT CARD PADA SISWA KELAS VIII A MTs NU SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

miftaudin, (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI HUSNUZAN, TAWADHU, TASAMUH, DAN TA’AWUN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MEDIA SORT CARD PADA SISWA KELAS VIII A MTs NU SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi MIFTAUDIN 23010190202.pdf

Download (2MB)

Abstract

Miftaudin. 2023. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Husnuzan, Tawadhu, Tasamuh, dan Ta’awun Melalui Metode Problem Based Learning dan Media Sort Card Pada Siswa Kelas VIII A MTs NU Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Sekripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Problem Based Learning, Media Sort Card Hasil belajar dan motivasi para siswa mengalami penurunan setelah pelaksanaan pembelajaran daring dua tahun sebelumnya. Maka dari itu, peneliti menerapkan metode Problem Based Learning dan media Sort Card pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII A MTs NU Salatiga. Tujuan penelitian sekripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Problem Based Learning dan Media Sort Card dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi husnuzan, tawadhu, tasamuh, dan taawun pada siswa kelas VIII A di MTs NU Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru selama KBM berlangsung. Metode tes digunakan untuk mengetahui nilai ketuntasan hasil belajar dalam penerapan metode Problem Based Learning dan Media Sort Card dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak materi husnuzan, tawadhu, tasamuh dan taawun selama KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data yang sesuai dengan apa yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini dimulai dari nilai pra siklus, siklus I sampai dilanjutkan siklus II. Pada tahap pra siklus ada 8 siswa yang tuntas dan tidak tuntas 13 dari seluruh siswa dengan rata-rata 71,61%. Kemudian pada siklus I terdapat terjadi peningkatan dengan jumlah siswa tuntas 15 dan tidak tuntas 6 dengan nilai rata-ratanya 86,33 % dari seluruh siswa. Dilanjutkan pada siklus II dari 21 siswa semuanya tuntas dengan nilai rata-ratanya 91,85% dan data presentase pencapaian yang akan dicapai 85%. Maka data presentase dari Pra-Siklus sampai Siklus II sebagai berikut: Pra Siklus 38,90%, Siklus I 71,61% dan Siklus II 100%. Dengan demikian hasil data tersebut sudah melebihi target pencapaian yaitu 85%. Sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi husnuzan, tawadu, tasamuh, taawun pada siswa kelas VIII A MTs NU Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2023 21:48
Last Modified: 20 Jul 2023 21:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17804

Actions (login required)

View Item View Item