PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI KUNIKMATI KEINDAHAN AL-QUR’AN DENGAN METODE CARD SORT DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII DI MTs AL-ASROR KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

BUDIANI, DHESTY AULIYA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI KUNIKMATI KEINDAHAN AL-QUR’AN DENGAN METODE CARD SORT DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII DI MTs AL-ASROR KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsweetdhestyawliya-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Budiani, Dhesty Auliya. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Kunikmati Keindahan Al-Qur’an Metode Card Sort Dan Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas VII Di MTs Al-Asror Kota Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis, Metode Card Sort dan Multimedia Interaktif Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis materi Kunikmati Keindahan Al-Qur’an menggunakan metode Card Sort dan Multimedia Interaktif pada siswa kelas VII J MTs Al-Asror. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.. Teknik analisis data dengan rumus persentase ketuntasan belajar, dinyatakan berhasil apabila sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Card Sort yang dikombinasikan dengan media multimedia Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif siswa VII J MTs Al-Asror. Dari pra-siklus ke siklus I meningkat 22,64%, siklus I ke siklus II meningkat sebesar 35,48%. Peserta didik yang tuntas pada pra-siklus ada 10 (32,2%) nilai rata-ratanya 67,41. Siklus I yang tuntas ada 17 (54,84%) dengan nilai rata-rata 747,01. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas ada 28 (90,32%) dengan nilai rata-rata 83,46. Dari hasil yang didapatkan sudah melebihi batas keberhasilan klasikal yaitu sebesar 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis materi Kunikmati Keindahan Al-Qur’an metode Card Sort dan Multimedia Interaktif pada siswa kelas VII J MTs Al-Asror Kota Semarang tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2023 22:25
Last Modified: 20 Jul 2023 22:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item