ANALISIS LITERASI MEMBACA MELALUI PROGRAM SATU BULAN BISA BACA (SB3) DI KELAS 1 MIS MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN 2023

Mubin, Moh. Taijul (2023) ANALISIS LITERASI MEMBACA MELALUI PROGRAM SATU BULAN BISA BACA (SB3) DI KELAS 1 MIS MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Moh. Taijul Mubin Full.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan dasar membaca pada siswa kelas 1 perlu diperhatikan secara serius, masih banyak siswa kelas 1 yang belum bisa membaca dengan lancar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk; (1). Mengkaji dan menganalisis perencanaan literasi membaca melalui Program Satu Bulan Bisa Baca (SB3) di kelas 1 MIS Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun 2023, (2). Mengkaji dan menganalisis pelaksanaan literasi membaca melalui Program Satu Bulan Bisa Baca (SB3) di kelas 1 MIS Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun 2023, (3) Mengkaji dan menganalisis evaluasi literasi membaca melalui Program Satu Bulan Bisa Baca (SB3) di kelas 1 MIS Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun 2023. Penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, waka kurikulum, dan dua guru kelas 1 serta sumber data sekunder yang berupa observasi kegiatan di sekolah dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Guru melakukan perencanaan dengan membuat buku pedoman baca, daftar nilai, daftar hadir, dan buku catatan capaian membaca siswa sebagai pegangan guru, (2). Pelaksanaan Program SB3 dilakukan guru dengan memberikan apersepsi terlebih dahulu, siswa membuka buku pedoman membaca, pemberian waktu untuk membaca selama 5-10 menit di tempat duduk, siswa secara bergantian membaca di depan kelas, siswa dinyatakan lulus membaca atau mengulang dari guru, siswa melakukan tutor sebaya, dan memberikan reward setalah siswa tuntas membaca. (3). Evaluasi Program SB3 dilakukan dengan cara memberikan bimbingan tambahan selama 3 bulan, melibatkan keluarga dalam membimbing dengan buku panduan membaca, dan pemberian jam tambahan disela-sela pembelajaran, jam istirahat, serta jam pulang sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:35
Last Modified: 21 Jul 2023 06:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17807

Actions (login required)

View Item View Item