PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI RIYA DAN NIFAQ MELALUI METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NURUL ISLAM MUSUK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

cahyani, Aulia kurnia (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI RIYA DAN NIFAQ MELALUI METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NURUL ISLAM MUSUK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AULIA KURNIA CAHYANI PAI 2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cahyani, Aulia Kurnia. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Riya’ dan Nifaq Melalui Metode Role Playing dan Media Realia Pada Siswa Kelas VII di MTs Nurul Islam Musuk Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Role Playing, Media Realia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa MTs Nurul Islam Musuk pada pembelajaran Akidah Akhlak. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan lebih memilih bermain dengan temannya. Akibatnya proses pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga pada saat diberikan soal evaluasi anak tidak dapat mengerjakan dengan maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran role playing dan media realia pada mata pelajaran akidah akhlak dengan kompetensi dasar menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat fase di setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa tes essay. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantittif untuk mengetahui ketercapaian nilai KBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran role playing dan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 61,53% dari jumlah siswa dan 10 siswa atau 38,47% dari jumlah siswa yang belum tuntas. Pada Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 88,46% dan 3 siswa yang belum tuntas atau 11,54% dari jumlah siswa. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dan media realia pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi riya’ dan nifaq dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Nurul Islam Musuk Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2023 16:16
Last Modified: 21 Jul 2023 16:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17808

Actions (login required)

View Item View Item