EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA PERPINDAHAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Rohani, Siti (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA PERPINDAHAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual berbantuan alat peraga Perpindahan kalor dapat memperoleh hasil belajar dan keaktifan belajar yang efektif di kelas V MI Mathla’ul Huda Parung Panjang Bogor Jawa Barat. Jumlah siswa kelas V pada kelas kontrol dan eksperimen ketika pelaksanaan penelitian masing masing 19 siswa. Penelitian ini berlatar belakang kendala waktu yang terbatas, alokasi belajar dibagi menjadi dua sesi, di bulan Ramadhan 1 jam hanya 25 menit, administrasi guru masih ada yang belum selesai menjelang akreditasi, Mayoritas pembelajaran dikelas adalah model pengajaran langsung berbentuk ceramah. Rasio guru dan siswa yang tidak seimbang. Siswa menginginkan pembelajaran dengan model pembelajaran menyenangkan serta media belajar yang menarik. Berdasarkan kendala tersebut memilih model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual berbantuan alat peraga lilin sebagai model pembelajaran dan media belajar ketika penelitian. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berjenis metode kuantitatif eksperimen nonequivalent control group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan data kuantitatif hasil belajar dan keaktifan siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, uji normalitas, uji homogen, uji perbedaan rata rata dua kelompok. Hasil penelitian membuktikan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual berbantuan alat peraga perpindahan kalor efektif memberikan hasil belajar yang baik yaitu berdasar hasil uji independent t test dengan nilai asymp. sig/asymptotic significance dua sisi equal variances not assumed adalah 0.017 sehingga diperoleh probabilitasnya kurang dari 0.05. T tabel df 36 adalah 2.028 dan hasil t hitung 2.523 sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual berbantuan alat peraga perpindahan kalor efektif terhadap keaktifan belajar di kelas V berdasarkan hasil uji mann whitney yang memperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 atau sig (2 tailed) kurang dari 0.05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak. Keaktifan belajar juga efektif memberikan hasil akhir belajar yang lebih baik pada siswa kelas V MI Mathla’ul Huda yang didasarkan oleh uji independent t test sig (2-tailed 0.000) atau kurang dari 0.05. T tabel df 36 adalah 2.028 dan hasil t hitung 2.523 sehingga t hitung > t tabel artinya Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan hasil uji hipotesis penelitian model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual dengan alat peraga perpindahan kalor dapat menjadi pilihan model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Hal ini karena model pembelajara Somatic, Auditory, Visual, Intellectual berbantuan alat peraga terbukti efektif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa di MI Mathla’ul Huda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2023 01:15
Last Modified: 25 Jul 2023 12:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item