PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA

SATRIYANA, VITA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kebutuhan media animasi berbasi Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga, 2) mengetahui pengembangan media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi, dan 3) mengetahui efektivitas media animasi berbasi Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI B MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara kondisi nyata, angket analisis kebutuhan, angket uji kelayakan, angket uji kepraktisan, dan soal pretest-posttest. Penelitian ini mengadaptasi dan memodifikasi langkah-langkah penelitian R&D dari Sugiyono dengan sembilan langkah, yaitu 1) potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, dan 9) revisi produk. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) studi pendahuluan berisi tentang kondisi nyata penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa dalam pembelajaran rotasi dan revolusi bumi, guru menggunakan media animasi unduhan dari youtube yang belum inovatif dan belum berbasis model pembelajaran. Analisis kebutuhan media pembelajaran oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa guru mengharapkan adanya video animasi yang dapat memvisualisasikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi dengan jelas dan menarik, tidak terlalu banyak teks, interaktif, ada instruksi kepada siswa untuk melakukan kegiatan misalnya diskusi kelompok atau membuat produk dan presentasi. Siswa menginginkan adanya media animasi yang menarik dan jelas dalam memvisualisasikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi; 2) pengembangan media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi melalui tahapan: (a) perancangan media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi, (b) uji kelayakan melalui kegiatan Focus Group Discussion dengan 2 ahli materi dan 1 ahli media, (c) revisi sesuai saran validator, (d) uji coba kepraktisan melalui uji coba terbatas dengan hasil rata-rata 99,57% (sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi) dan uji coba luas dengan hasil rata-rata 92,40% (sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi), (e) uji efektivitas media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi menggunakan SPSS 25 diperoleh signifikansi data pretest 0,153 dan data posttest 0,085 lebih dari 0,05 berarti data terdistribusi normal. Hasil Paired Sample T Test didapatkan nilai t hitung 4,943>2,093 dan p=0,00<0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Media animasi berbasis Problem Based Learning materi rotasi dan revolusi bumi dapat menjadi alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:33
Last Modified: 24 Jul 2023 02:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item