Evektifitas Orienteering Game Berbasis Google Maps Pada Kegiatan Pramuka Guna Menumbuhkan Karakter Sosial Siswa

Mubarok, Muhammad Luthfi (2023) Evektifitas Orienteering Game Berbasis Google Maps Pada Kegiatan Pramuka Guna Menumbuhkan Karakter Sosial Siswa. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL DRAFT TESIS LUTHFI (12020200026).pdf

Download (6MB)

Abstract

Luthfi, Muhammad, 2023. “Efektivitas Orienteerig Game berbasis Google Maps pada Kegiatan Pramuka Guna Menumbuhkan Karakter Sosial Siswa MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus”. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan orienteering game berbasis google maps melalui kegiatan pramuka serta mengetahui efektivitas orienteering game terhadap karakter sosial siswa MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus. Metode yang digunakan pada penelitian ini memadukan antara metode kualitatif dan kuantitatif atau biasa disebut dengan mix methode. Dengan menggunakan jenis kualitatif deskriptif serta kuantitatif pre eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus. Tehnik pengumpulan data pada penelitian kualitatif menggunakan observasi partisipatif sedangkan tehnik pengumpulan data kuantitatif mengguakan angket kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penarikan kesimpulan untuk kualitatif dan kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji -t, dan uji N-gain skor. Hasil penelitian ini antara lain Konsep pelaksanaan oerinteering game berbasis google maps pada kegiatan pramuka dapat dilaksanakan dengan menggunakan konsep management kegiatan yang terdiri dari 1) pra pelaksanan yang berisi perizinan dengan pihak madrasah maupun lingkungan sekitar, penyusunan konsep pelaksanaan step by step, setting rute orienteering game, dan menentukan target penyelesaian misi. 2) konsep pelaksanaan yang terdiri dari apel upacara pembukaan, apel pemberangkatan, share link rute orienteering game kepada peserta, penyelasian misi antar pos, dan penutupan. 3) Evaluasi kegiatan yang berisi penilaian tentang pelaksanaan kegiatan yang terjadi dilapangan mulai dari awal sampai ahir kegiatan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan acuan dan rencana tindak lanjut pada dikegiatan selanjutnya. Kemudian hasil dari kegiatan orienteering game berbasis google maps adalah perkembangan sikap sosial siswa diantaranya pola interaksi yang santun terhadap masyarakat sekitar, kemudian terciptanya kebersamaan, kekompakan dan Kerjasama tim yang solid dalam rangka menyelesaikan misi. Orienteering game berbasis google maps pada kegiatan pramuka cukup efektif guna menumbuhkan karakter social siswa MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus. Didasarkan data Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan pemerolehan nilai sig = 0.000, yang berarti lebih kecil dari 0.05. dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Dan uji N-Gain dengan hasil skor 0,574 yang di klasifikasikan efektivitas sedang. Kata Kunci: orienteering game, google maps, kegiatan pramuka, karakter sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 16:41
Last Modified: 24 Jul 2023 16:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item View Item