PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RISMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Renoningtyas, Novida (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RISMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis fix Novida Renoningtyas-12020190050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Novida Renoningtyas, Pengembangan Media Pembelajaran Rismatika Berbasis E-Learning Pada Materi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2023, Dosen Pembimbing Dr. Eni Kusumawati, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran RISMATIKA berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa kelompok di MSI 01 Kauman Kota Pekalongan, untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran RISMATIKA berbasis e-learning terhadap hasil belajar kelompok di MSI 01 Kauman Kota Pekalongan, serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran RISMATIKA berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa kelompok di MSI 01 Kauman Kota Pekalongan Penelitian yang digunakan adalah (RnD) dan model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan antara lain yaitu tahap analisis produk untuk mengidentifikasi masalah, selanjutnya tahap perancangan, tahap pengembangan untuk merealisasikan konsep yang telah dirancang menjadi sebuah produk yang akan digunakan, tahap implementasi dimaksudkan guna memperoeh umpan balik pada produk yang dibuat, dan yang terakhir adalah tahap evaluasi dimaksudkan untuk memberikan umpan balik kepada pengguna media. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran rismatika memiliki persentase total 92% dalam uji kelompok kecil dan 96% dalam uji kelompok besar. Maka dapat disimpulkan bahwa media ini tergolong kategori sangat efektif. Sedangkan hasil penilaian dari validator mendapat persentase total 83% dari ahli media dan 83% dari ahli materi, serta 83% dari ahli materi untuk buku pedoman penggunaan aplikasi rismatika. Maka dapat disimpulkan bahwa media ini tergolong kategori layak. Selain itu juga penerapan media rismatika mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 87%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran rismatika termasuk kedalam kategori sangat efektif dan layak untuk digunakan. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlunya pengembangan media pembelajaran yang efektif dan relevan untuk membantu siswa dalam memahami dan menguasai materi matematika yang sulit. Pentingnya mengembangkan dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi akses siswa terhadap materi pembelajaran. Pentingnya memilih dan menggunakan media pembelajaran yang valid dan efektif dalam konteks pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pentingnya menggunakan alat analisis statistik yang tepat untuk mengevaluasi efektivitas dan perbedaan signifikan dalam konteks penelitian. Kata Kunci : Media Pembelajaran Rismatika, E-learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 18:05
Last Modified: 24 Jul 2023 18:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17833

Actions (login required)

View Item View Item