ashfiyah, Siti (2023) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS BLENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK DI MI KUMPULREJO 01 DAN MI KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS _PASCASARJANA PGMI_SITI ASHFIYAH_12020190045.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ashfiyah, Siti. 2023. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Blended learning pada Peserta Didik di MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Kota Salatiga. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Ruwandi, S.Pd., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kompetensi pedagogik guru dalam mendisain pembelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning pada peserta didik kelas 5 MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Kota Salatiga; 2) kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning pada peserta didik kelas 5 di MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Kota Salatiga; 3) kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi pembelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning pada peserta didik kelas 5 di MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Kota Salatiga. Subyek penelitian ini terdiri dari 2 responden yaitu guru kelas 5 MI Kumpulrejo 01 dan guru kelas 5 MI Kumpulrejo 02 Kota Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian berupa penelitian kualitatif naturalistik. Prosedur penelitian terdiri dari teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar butir pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mendisain pembelajaran mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning di kelas 5 MI Kumpulrejo 01 dalam kategori baik, sedangkan di MI Kumpulrejo 02 dalam kategori cukup. Kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan pembelajaran mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning di MI Kumpulrejo 01 menunjukkan kategori baik sedangkan di MI Kumpulrejo 02 menunjukkan kategori kurang. Kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi pembelajaran mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning di MI Kumpulrejo 01 dalam kategori baik sedangkan di MI Kumpulrejo 02 dalam kategori kurang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mata pelajaran matematika materi bangun ruang berasis blended learning MI Kumpulrejo 01 menunjukkan kategori baik sedangkan di MI Kumpulrejo 02 menunjukkan kategori kurang. Kata Kunci: Blended learning, Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 18:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 18:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17834 |
Actions (login required)
View Item |