Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Ramah Air Hujan (Studi Pendampingan LPTP Di Desa Pagerjurang Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali)

cahyani, Aidha nur (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Ramah Air Hujan (Studi Pendampingan LPTP Di Desa Pagerjurang Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Aidha nur cahyani-SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Desa Ramah Air Hujan merupakan suatu terobosan untuk konservasi air dan upaya memanfaatkan air hujan supaya dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat secara optimal. Desa ramah air hujan menjadi solusi berbasis masyarakat untuk berbagai permasalahan sumber daya air. Dengan adanya pendampingan diharapkan dapat membantu, memfasilitasi dan memperdayakan masyarakat sehingga dapat memungkinkan mereka untuk mencapai kemandirian. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Ramah Air Hujan dan bagaimana dampak yang dihasilkan dari upaya pendampingan program Desa Ramah Air Hujan di Desa Pagerjurang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pemerintah desa, tokoh masyarakat dan fasilitator pendampingan program dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto terkait kegiatan pemberdayaan revitalisasi PAH, penanaman multi purpose tree species (MTPS) sebagai konservasi vegetative, konservasi sipil teknis yang meliputi pembuatan biopori, sumur resapan dan pembuatan rorak dan laporan data statistik yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Boyolali, arsip internal LPTP Surakarta dan arsip internal Pemerintahan Desa Pagerjurang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian dianalisis dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang selanjutnya data diolah dengan menggunakan teknik validitas data berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Desa Ramah Air Hujan memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan lingkungan. Lebih dari itu adanya program ini dapat menjadi batu loncatan untuk kesadaran konservasi air sehingga menciptakan kemandirian masyarakat dan berkelanjutan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 19:25
Last Modified: 24 Jul 2023 12:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17836

Actions (login required)

View Item View Item