Indriani, Ade Tia (2023) Pengembangan Media Pembeljaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energii. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis Ade Tia Indriani.pdf Download (3MB) |
Abstract
Indriani, Ade Tia. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj Maslikhah S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Game Edukasi Petualangan, Perubahan Bentuk Energi Media Pembelajaran merupakan alat atau bahan yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi untuk kelas IV di MI Salafiyah 01 Kauman Kota Pekalongan didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya media pembelajaran game edukasi khusus bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi. Design menyusun Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi. Development mengembangkan media pembelajaran game edukasi petualangan berbasis android kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan. Implementation mengimplementasikan game edukasi petualangan berbasis android pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi sangat layak. Jumlah subjek penelitian adalah 20 peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) kebutuhan pengembangan media pembelajaran bagi peserta didik dan guru meliputi kebutuhan media pembelajaran yang mampu menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif, percaya diri, mampu mengamati, mampu memecahkan masalah, tidak mudah menyerah, menjadi lebih teliti, memiliki keingintahuan yang besar serta menjadikan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menantang untuk meningkatkan hasil belajar; 2) bentuk pengembangan media pembelajaran game edukasi petualangan berbasis android pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi yaitu identitas dalam media pembelajaran dilengkapi dengan menambahkan kelas, pada menu utama dilengkapi dengan kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran, pembuatan simulasi atau animasi ilustrasi pada materi sehingga lebih jelas dan menarik, serta perbaikan pada audio; dan 3) media pembelajaran game edukasi petualangan berbasis android terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi (uji independent sample t test , p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 20:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 20:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17842 |
Actions (login required)
View Item |