FENOMENA HATERS DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Penafsiran Surat Al-Lahab dalam Kitab Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka)

Aliyyah, Muhimmatul (2023) FENOMENA HATERS DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Penafsiran Surat Al-Lahab dalam Kitab Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Muhimma Cetak Buku.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh pengetahuan pesan yang disampaikan oleh Al-Qur’an, khususnya pada surat Al-Lahab. Pembenci (haters) di media sosial telah menembus ke dunia maya, karena masyarakat bisa bebas mengungkapkan pendapat dan mengkritik seseorang. Perilaku pembenci telah terjadi pada zaman Rasulullah, seperti Abu Lahab dan Arwa yang menyakiti Nabi Muhammad baik fisik maupun batin sehingga diabadikan dalam surat Al-Lahab. Dengan demikian, persoalan yang dikaji adalah bagaimana penafsiran surat Al-Lahab dalam tafsir Al-Azhar dan bagaimana relevansi dari penafsiran surat Al-Lahab dengan fenomena haters. Tujuannya untuk mengetahui fenomena haters di media sosial perspektif surat Al-Lahab dalam Tafsir Al-Azhar. Untuk menjawab tantangan zaman dan mendapat pemahaman utuh, maka diperlukan metode maudhu’I. Pendekatan yang digunakan adalah Tafsir Al-Azhar sebagai sumber primer, sementara data sekunder ialah karya literatur yang relevan dengan tema penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah library research bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai dokumentasi, sedangkan metode analisisnya adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah penafsiran QS. Al-Lahab: 1-5 dalam Tafsir Al-Azhar yaitu pelajaran bagi manusia yang berperilaku seperti Abu Lahab dan Arwa akan senasib seperti mereka. Dan relevansi fenomena haters di media sosial dengan penafsiran surat Al-Lahab dalam Tafsir Al-Azhar, yakni penghinaan tokoh agama sehingga kedudukannya hina dalam pandangan agama. Buya Hamka mendefinisikan akibat dari perilaku haters adalah menghilangkan rasa kasih sayang, rasa malu, dan timbulnya permusuhan. Kata Kunci: Haters, Al-Lahab, Maudhu’i, Tafsir Al-Azhar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2023 16:48
Last Modified: 25 Jul 2023 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item